Monday, August 15, 2011

Mari berbagi Informasi




Ya..., sebelum membaca tulisan ini pasti anda TAHU bahwa kita sekarang berada di 'era komunikasi'. Dan seperti anda, saya, dan bahkan para pialang saham, eksportir, pedagang barang bekas, politisi, aktifis sosial, juru dakwah, juga mengetahui hal yang sama. Mereka tersenyum riang hidup di era ini, menyambutnya dengan suka cita, sebab semua informasi bisa didapat atau disebarkan dengan cara amat mudah dan hemat waktu.

Pelaku informasi bukan cuma para pewarta, pengelola surat kabar, atau penjual koran. Semua orang bisa mengambil peran sebagai sumber informasi. Melalui internet yang menghubungkan berjuta-juta komputer dari satu pelosok ke tempat lain di sisi lain dunia, sebuah berita bisa terkirim dalam hitungan detik.

Sebuah ledakan di kota New York dapat segera diketahui oleh pembaca internet di Prabumulih, tidak hanya dalam hari yang sama, bahkan hanya selisih beberapa detik. Demonstrasi masyarakat di pedalaman Amungme Papua, segera terbaca beritanya di gedung senat Amerika Serikat. Atau apapun. Sekali lagi, semua serba mudah, serba segera.

Era ini tidak hanya memudahkan lalu-lintas informasi. Ia juga memungkinkan setiap orang untuk bertukar informasi danm bahan pembicaraan. Arus informasi yang berlangsung saat ini lebih sarat dari arus lalu lintas di kota-kota besar, hanya saja tanpa kemacetan. Ia mengalir melalui aneka jalan, email, situs internet, pesan pendek atau SMS melalui selular, faks, radio, atau siaran televisi.

Apakah kemudahan ini berlangsung karena kita memang memiliki banyak sekali bahan obrolan? Tentu saja tidak! Atau setidaknya masih bisa didebatkan. Sebagian bahan pembicaraan itu, yang kita baca dikoran maya, yang kita saksikan di televisi, atau yang terdengar di radio, barangkali hanya perulangan, repetisi, duplikasi, bahan pembicaraan yang pernah ada. Sebagian barangkali ditambahi dengan pemutakhiran (updating). Sebagian, ada juga yang baru.

Dalam era ini, dalam konteks sebagai pengguna internet, kita bisa berperan apa saja. Sebagai produsen, konsumen, atau paduan keduanya. Kita bisa hanya menjadi konsumen, dalam artian hanya menggunakan internet untuk membaca berita di sebuah koran maya, mendengar atau mengunduh musik, menonton video online, atau sekadar berkirim surat.

Tapi untuk menjadi produsen pun sama mudahnya. Misalnya, kita bisa berbagi berita melalui blog. Pilihan lain, kita bisa berbagi file lagu, video, foto, atau ilustrasi melalui sebuah situs yang menyediakan layanannya. Baik situs umum, maupun situs pribadi, bahkan blog.

Tak perlu sungkan berbagi. Apapun informasi yang kita pajang di sebuah situs, pasti ada yang membaca. Meski mungkin akan ada saja yang mencela, tapi pasti ada yang merasa informasi yang kita sebar...
Semoga bermanfaat.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Mari berbagi Informasi"

Post a Comment