Wednesday, August 17, 2011

5 TIPS MEMANFAATKAN BLOG UNTUK MENCARI PENGHASILAN

Ngeblog sudah bukan budaya baru. Tentu faktor pendukungnya adalah karena memiliki dan menulis blog itu gampang serta tidak perlu membayar. Banyak sekali penyedia layanan blog gratis. Mau blogger, wordpress, multiply, atau yang lainnya, tinggal pilih, klik, daftar, jadi!

Pada awalnya, banyak orang menulis di blog untuk berbagi opini, puisi, atau sekadar curhat. Berikutnya, pengguna blog juga melakukannya dengan alasan bisnis untuk mengais rezeki. Seandainya anda juga berminat mencari keuntungan, menambah penghasilan, cari uang melalui blog, paling tidak ada 5 cara untuk memulai bisnis kecil-kecilan (small business anda).

  1. Jual-Beli Online. Dengan blog kita dapat membuat sebuah toko maya. Meski maya, tentu jual beli barang atau jasanya nyata. Lihatlah amazon! Ini adalah sebuah toko buku dalam wujud sebuah situs. Pembelian buku dapat dilakukan tanpa anda harus datang ke toko buku. Cara yang sama juga dipakai lovereading. Di indonesia, toko buku online semacam ini antara lain khatulistiwa dan inibuku.

    Itu situs! Bagaimana dengan blog?! Ada satu blog yang memakai cara ini adalah blog milik Desak Amik dari bali yang menjual tas. Keuntungan berdagang online adalah pasar yang luas dan lintas negara, nirbatas wilayah.
  2. Menjual Iklan. Jika sebuah majalah atau koran terhitung populer, pasti banyak pemasang iklan yang berminat. Sama halnya dengan blog. Sebuah blog yang ramai dikunjungi, banyak yang ingin memasang iklan yang senada dengan tema tersebut. Demikian juga dengan blog kita, sangat mungkin untuk menjual ruang kosong di blog kita kepada pemasang iklan.

    Salah dua layanan program yang selalu siap beriklan di blog kita adalah Google Adsense dan AuctionAds. Untuk bisa mengikuti kedua program ini kita harus mendaftar. Langkah berikutnya, tinggal meletakkan kode khusus yang mereka berikan ke dalam blog kita.
  3. Menjual Karya. ReviewMe bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang berminat menjual karya dalam bentuk tulisan. Jika anda telah tergabung pada program ini, mereka akan memberikan proyek penulisan review atau ulasan dari situs-situs yang menjadi klien mereka. Tulisannya singkat saja. Bahkan ada yang hanya 200 kata. Selanjutnya tinggal tulis (mereka meminta dalam bahasa Inggris), lalu upload ke blog kita. Jangan lupa konfirmasi ke pemberi proyek setelah proyek penulisan dirampungkan.
  4. Nitip Karya. Selain menulis untuk blog sendiri, kita bisa menulis untuk blog atau situs lain. Beberapa penyedia layanan ini antara lain, shvoong dan helium. Yang kedua mirip sebuah agen yang siap memasarkan tulisan kita ke para konsumen, biasanya penerbit. Honor kita akan dikirim melalui beberapa cara, bisa melalui check, bisa juga dalam bentuk uang maya (pay-pal) atau (e-Gold).

    Tak hanya tulisan yang dapat dititipkan. Para fotografer, ilustrator, desainer grafis juga dapat menitipkan karyanya. Banyak sekali tempat menitipkan karya semacam ini, dan berperan sebagai agen karya kita, dimana mereka akan membayar kita dalam bentuk komisi jika karya kita dibeli oleh orang lain. Dua contohnya yaitu, 123rf.com dan istockphoto.
  5. Menjadi Perujuk. Banyak sekali program perujuk atau pemberi referensi (referral) yang bersedia membayar anda mereferensikan produk mereka. Sebagian contoh diatas menyediakan layanan referral. Misalnya, Adsense, Shvoong, Helium, 123rf, istockphoto, agloco, atau anda bisa mencari yang lain.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "5 TIPS MEMANFAATKAN BLOG UNTUK MENCARI PENGHASILAN"

Post a Comment