Friday, February 24, 2012

Setting (DNS) Domain .tk ke Blogspot

Kalau kita sebelumnya telah memiliki blog di blogspot, dan mau memakai domain dari dot tk. Tinggal setting dan arahkan name servernya ke blogspot (ghs.google.com). Caranya, pada panel sebelah kiri, silahkan pilih “My Domains” >> “List  my domains”. Pada halaman “List my domains”, pilih domain yang mau di setting, kemudian klik “modify”.
Control Panel dot Tk
Control Panel dot Tk
List Domain dot Tk
List Domain dot Tk
Langkah selanjutnya, kita akan dihadapkan dengan halaman setting domain, dimana terdapat tiga pilihan pengaturan yaitu :
  1. Domain forwarding
  2. Use Dot TK Free DNS Service
  3. Use Custom DNS Service
Silahkan pilih opsi no 2  “Use Dot TK Free DNS Service” kemudian klik “Configure” disebelah kanannya. Pada kolom “Type” terdapat 3 pilihan Record, yaitu :  A, CNAME dan MX. Pilih :
  • Type = CNAME
  • Host Name = www.domainkita.tk ( contoh saya isi dengan www.elvaku.tk)
  • IP Address = ghs.google.com
Record CNAME
Record CNAME
Sampai di sini sebenarnya setting domain dot tk untuk blogspot sebenarnya sudah cukup. Tetapi, blog kita nanti tidak dapat diakses tanpa mengetikkan WWW di address bar browser (contoh http://elvaku.tk). Supaya blog kita tetap dapat diakses dengan atau tanpa WWW, kita tambahkan lagi Type record, Tetapi kali ini bukan CNAME Record, melainkan A Record.  Lihat gambar diatas, klik “add another hostname”. Isi dengan :
  • Type = A
  • Host Name = domainkita.tk ( tanpa WWW, contoh saya isi dengan elvaku.tk )
  • IP Address = 216.239.32.21
Tambahkan lagi “add another hostname” A Record dengan IP yang berbeda sebanyak 3 kali lagi. Masing-masing pada kolom IP, Isi dengan :
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Sehingga ada 4 setting Untuk A Record dan satu setting untuk CNAME Record seperti gambar dibawah ini :
CNAME dan A Record
CNAME dan A Record
Gambarnya jadi ga jelas :D . Klik next aja, bila Setting Record sukses, akan tampil halaman  seperti contoh gambar di bawah ini.
Record A dan CNAME Sukses
Record A dan CNAME Sukses
Sampai di sini, setting DNS untuk domain dot tk yang diarahkan ke blogspot telah selesai, tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 30 menit (bisa lebih). O ya, silahkan cek domain kita di http://network-tools.com/ untuk melihat apakah settingan DNS yang diarahkan ke blogspot sudah benar. Centang opsi “DNS Records (Advanced Tool)”, pada kolom IP isi dengan nama domain kita, misal isi dengan elvaku.tk. Selanjutnya klik GO. Lihat parameter-parameternya di “Answer records”. Seharusnya,  IP yang tercantum disana sama dengan IP Record A yang kita masukkan pada pengaturan domain dot tk tadi.
Nah, kalau untuk setting pada blogspotnya, sama dengan setting domain co.cc yang pernah saya tulis, tinggal mengarahkankan nama domainnya ke domain yang baru kita buat di dot Tk tadi. silahkan baca lagi  Setting Domain Gratis co.cc di control panel (pengaturan) pada Blogger (blogspot) kalau lupa :lol:


Sumber : http://jeri.web.id
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Setting (DNS) Domain .tk ke Blogspot"

Post a Comment